Home » » KONSULTASI: Kenali Penyebab Jantung Berdebar

KONSULTASI: Kenali Penyebab Jantung Berdebar

Written By Unknown on Rabu, 19 Maret 2014 | 07.27


- Jantung berdebar tak hanya dialami oleh orang lanjut usia. Kondisi ini juga bisa ditemukan pada mereka yang masih muda. Lantas apa penyebab jantung berdebar di usia muda? Simak selengkapnya tanya jawab dr. Tiffany Christina dengan pembaca VIVAlife.


Tanya: Saya laki-laki, umur 23 tahun. Saya punya keluhan tentang kesehatan. Saya sering mengalami jantung berdebar, terutama saat naik tangga dan salat Jumat. Terkadang, setelah makan. Rasanya tidak enak di dada, seperti tidak nyaman di dada kiri, tetapi tidak sakit dan jantung berdebar cepat. Saya diperiksa ke klinik dokter umum yang menangani saya menyatakan keadaan tubuh saya normal. Bahkan, saya saya ke UGD juga menunjukkan hasil normal, tidak ada gangguan jantung.Dokter mengatakan saya kena psikosomatis, tetapi saya nggak yakin dengan diagnosa dokter tersebut. Sampai sekarang saat saya naik tangga, dada kiri saya terasa tidak enak dan jantung berdetak lebih cepat. Kira-kira apa yang saya alami?Fanny, Purwokerto, Jawa Tengah.Jawab:Pada usia muda, jantung berdebar dapat disebabkan oleh gangguan tiroid berupa hipertiroid. Gejala lain hipertiroid adalah keringat berlebih, gemetar, penurunan berat badan, sulit tidur, BAB sering.


Jika gejala tersebut juga dialami, Anda dapat melakukan tes darah untuk memeriksa fungsi hormon tiroid. Jika kadarnya tidak normal, dokter akan memberikan obat anti tiroid.dr. Tiffany ChristinaMeetdoctor***Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.idMasalah anda akan dijawab oleh para dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di VIVAlife.


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blog Archive

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Akikaseb - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Proudly powered by Blogger