Home » » Obesitas Dapat Menimbulkan Lesi Penyebab Kanker Pankreas

Obesitas Dapat Menimbulkan Lesi Penyebab Kanker Pankreas

Written By Unknown on Sabtu, 05 Oktober 2013 | 05.45


Studi yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan kaitan antara obesitas akibat kalori tinggi dengan adanya kemunculan awal dari kanker pankreas. Tumpukan lemak akan mengembangkan jumlah lesi abnormal pada tingkat tinggi yang menjadi prekursor untuk kanker tersebut.


Dikutip dari Times of India, temuan ini didapatkan setelah melakukan percobaan pada tikus yang memiliki model metabolisme menyerupai manusia. Tikus percobaan dibuat obesitas dengan kalori tinggi lalu diamati perubahannya. Ini merupakan studi pertama yang menunjukkan hubungan penyebab langsung antara obesitas dengan munculnya risiko kanker pankreas melalui model hewan.


Peneliti membandingkan kondisi tikus yang telah diberikan diet tinggi lemak sehingga mengalami obesitas, dengan tikus dalam kondisi normal tanpa obesitas. Tikus-tikus tersebut lantas dipantau keadaan pankreasnya.


Hasilnya, tikus yang mengalami obesitas mendapatkan gangguan dalam metabolisme. Selain itu, mereka juga mengalami masalah pada jaringan pankreas. Misalnya peningkatan peradangan, dan tanda-tanda biologis lainnya yang menunjukkan masalah pankreas. Para tikus juga mengalami perkembangan pancreas intraepithelial neoplasias. Metabolismenya mengalami kelainan dan kadar insulin meningkat.


Hanya saja, adanya peradangan pankreas ini bisa membahayakan. Pasalnya, peradangan akan memicu terjadinya lesi pada pankreas yang cenderung menjadi prekursor atau penyebab awal kehadiran kanker.


Studi ini dilakukan oleh Dr Guido Eibl , anggota Jonsson Cancer Center, dan seorang profesor di departemen bedah David Geffen School of Medicine, UCLA. Studi dipublikasikan dalam jurnal Cancer Prevention Research.


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blog Archive

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Akikaseb - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Proudly powered by Blogger