Home » » Bagaimana Paparan Matahari Bisa Rusak Penglihatan?

Bagaimana Paparan Matahari Bisa Rusak Penglihatan?

Written By Unknown on Kamis, 19 Desember 2013 | 15.25

Dwi Indah Nurcahyani - akikaseb.blogspot.com Gunakan kacamata (Foto: Google)

KACAMATA menjadi item andalan untuk melindungi mata. Sayangnya, tak semua orang menjadikan item tersebut sebagai perisai untuk melindungi indera penglihatannya dari sengat matahari.


Setiap orang cerdas tahu bahwa salah satu cara terbaik melindungi tubuh dari sinar UV ialah menggunakan SPF. Tetap apa mungkin orang melupakan salah satu bagian penting, yakni mata?


Ya, di bagian tersebut tentu Anda tak dapat menggunakan tabir surya tersebut. Dan, kacamata jadi satu-satunya cara untuk melindungi mata. Apalagi, mengekspos penglihatan di bawah sinar matahari bisa memicu sejumlah masalah kesehatan serius, di antaranya sunburn yang menyakitkan dan katarak.


Sumers & William Brown, O.D., Ph.D., dari the Department of Pphthalmology di Mayo Clinic memaparkan mengapa semua hal itu bisa terjadi. Berikut paparannya, seperti dilansir Huffington Post.


Bagian putih di mataKerusakan akibat sinar matahari dapat menyebabkan kondisi yang disebut pinguecula, salah satu degenerasi konjungtiva mata (membran mukosa tipis yang membatasi dalam dari kelopak mata dan melipat ke belakang membungkus permukaan depan dari bola mata) yang umum terjadi. Pinguecula merupakan pertumbuhan jaringan tipis (selaput) non-kanker di konjungtiva. Hal ini menyebabkan bintik-bintik kuning pada mata, dekat kornea. Meskipun tidak berbahaya namun bisa menyebabkan iritasi dan peradangan. Konjugtiva juga dapat menebal dan tumbuh dari kornea di mana menciptakan kondisi yang disebut pterygium yang bisa mengaburkan pandangan.


Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang bermata biru lebih rentan terkena degenerasi makula. Sementara pada saat ini belum diketahui alasan sebenarnya. Dikatakan Brown bahwa dia merekomendasikan lebih kuat bahwa orang-orang dengan mata yang bercahaya terang bisa memakai kacamata hitam.


Kulit di sekitar mataKulit di sekitar mata dan khususnya kelopak mata yang terdiri dari jaringan yang sangat tipis jika terkena paparan UV berulang (belum lagi menyipitkan mata konstan) dapat menyebabkan keriput dan bintik-bintik usia, serta kanker kulit kecil di sekitar mata. (ind)


BACA JUGA "



Kamis, 19 Desember 2013 20:21 WIB


Kamis, 19 Desember 2013 18:31 WIB


Kamis, 19 Desember 2013 17:49 WIB


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blog Archive

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Akikaseb - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Proudly powered by Blogger