Home » » Ali Masykur Sebut Lima Penyebab Kerusakan Lingkungan di ...

Ali Masykur Sebut Lima Penyebab Kerusakan Lingkungan di ...

Written By Unknown on Rabu, 25 September 2013 | 18.05


Warta Kota/Henry Lopulalan


Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Ali Masykur Musa usai mengikuti sesi pra konvensi dengan anggota Komite Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat di Wisma Kodel, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (28/8/2013). Komite Konvensi Capres Partai Demokrat mengundang 15 peserta untuk mengikuti wawancara kesiapan mengikuti konvensi Capres Demokrat serta untuk mendalami visi dan misi setiap peserta. (Warta Kota/Henry Lopulalan)




TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Masyarakat dunia kini dihadapkan pada berbagai persoalan serius akibat kerusakan lingkungan hidup. Pemerintah setiap negara dituntut membuat kebijakan yang bisa mengantisipasi setiap ancamannya.


"Bumi selalu berubah, sekarang masalah tiap negara di dunia bukan hanya perubahan iklim, tapi juga merambah pada krisis energi dan pangan," kata Ali Masykur Musa, Ketua Pelaksana Audit Lingkungan Hidup se-Dunia dalam ASEAN Ministerial Meeting on the Environment (AMME) ke-14 di Kantor Walikota Surabaya, Rabu (25/9/2013).


Menurut Ali, sedikitnya ada lima hal penyebab terjadinya kerusakan lingkungan, terutama di Indonesia. Pertama, karena penyalahgunaan tata ruang. Hal ini terjadi saat kawasan konservasi beralih fungsi menjadi kawasan industri atau permukiman.


Kedua, maraknya deforestasi mengakibatkan munculnya lahan kritis. Ketiga, adanya anggapan bahwa lingkungan adalah sebagai sumber pendapatan.Keempat, perilaku masyarakat yang belum ramah lingkungan. Kelima, lemahnya penegakan hukum di bidang lingkungan.


"Selama ini, penegakan hukum di berbagai aspek lingkungan masih lemah. UU tentang Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup (PPLH) dan UU Kehutanan seperti tak bergigi," ujar pria yang juga menjabat sebagai Anggota BPK RI ini.


Menghindari semakin parahnya kerusakan lingkungan, tokoh muda NU ini mengajak seluruh masyarakat untuk menggelorakan gerakan menyelamatkan lingkungan.Selain melakukan penghijauan dan penegakan hukum, Cak Ali meminta kepada pemerintah untuk mengintegrasikan ilmu lingkungan di dalam kurikulum pendidikan. Pendidikan lingkungan harus menjadi bagian dari semangat semua elemen bangsa untuk peduli terhadap alam.


"Masalah lingkungan seharusnya tidak hanya disuarakan LSM dan menjadi perhatian Kementerian Lingkungan Hidup. Kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama," ujar peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat ini.


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blog Archive

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Akikaseb - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Proudly powered by Blogger