Home » » Ari

Ari

Written By Unknown on Kamis, 26 September 2013 | 06.37

Helmi Ade Saputra - akikaseb.blogspot.com Acara diskusi (Foto: Helmi/akikaseb.blogspot.com)

RISIKO kehamilan yang sering dialami oleh ibu hamil adalah pendarahan, salah satu penyebabnya yaitu . Lantas, apa itu plasenta previa?


Menurut Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Konsultan Fetomaternal RSPI Pondok Indah, Dr. Azen Salim, Sp.OG-KFM, plasenta previa merupakan suatu kondisi di mana pertumbuhan plasenta atau ari-ari sebagai pemberi nutrisi menutupi seluruh atau sebagian dari mulut rahim.


"Gejala utama dari plasenta previa adalah pendarahan yang terjadi secara tiba-tiba, dan terkadang disertai dengan adanya kontraksi," jelasnya pada acara press gathering bertema "Antenatal Care untuk Antisipasi Risiko Kehamilan" di Ritz Carlton Pacific Place Hotel, Jakarta, Rabu (26/9/2013).


Lebih lanjut, Dr. Azen Salim mengatakan, pendarahan sering kali terjadi pada akhir trimester II atau awal trimester III. Selain itu, pendarahan dapat hanya berupa sedikit tetesan darah hingga jumlah darah yang cukup banyak melebihi pendarahan saat haid.


"Ibu hamil dengan plasenta previa dianjurkan untuk mengurangi aktivitas fisik dan bed rest total bagi wanita hamil dengan riwayat pendarahan banyak dan berulang," imbuhnya.


Selain itu, Dr. Azen Salim juga menganjurkan untuk tidak berhubungan seksual selama sisa waktu kehamilan, tidak memasukkan tampon vagina, dan tidak melakukan pembersihan vagina dengan menyemprotkan cairan menggunakan aplikator tertentu.(tty)


BACA JUGA "



Kamis, 26 September 2013 17:30 WIB


Kamis, 26 September 2013 17:42 WIB


Kamis, 26 September 2013 16:22 WIB


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blog Archive

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Akikaseb - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Proudly powered by Blogger