Home » » Resep Atasi Masalah Kematian Ibu dan Anak

Resep Atasi Masalah Kematian Ibu dan Anak

Written By Unknown on Kamis, 26 September 2013 | 23.11


akikaseb.blogspot.com, Jakarta : Angka Kematian Ibu (AKI) diperkirakan mencapai 500.000 setiap tahunnya, dan menurut World Health Organization (WHO) mayoritas muncul di negara-negara berkembang.




Berdasarkan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2007, AKI di Indonesia mencapai 228 per 100.000 kelahiran hidup dan masih tertinggi di Asia.


Rendahnya kesadaran kesehatan ibu hamil dan faktor lain seperti pendarahan, hipertensi (pre eklampsia), infeksi dan rendahnya cakupan pertolongan oleh tenaga profesional menjadi penyebab tingginya AKI.


Untuk mengantisipasi masalah-masalah tersebut muncul saat kehamilan, para ibu membutuhkan Antenatal Care (ANC) dari dokter profesional.


"ANC merupakan pemeriksaan kehamilan secara rutin untuk mengantisipasi risiko kehamilan yang menjadi penyebab tingginya angka kematian ibu," ujar Spesialis Kebidanan dan Kandungan RSPI-Pondok Indah, Dr. Bramundito Sp.OG, Kamis (26/9/2013) saat ditemui akikaseb.blogspot.com di Ritz Carlton, Jakarta.


ANC adalah pemeriksaan kehamilan secara rutin bertujuan memeriksa kondisi ibu dna janin, 'mengawal' kehamilan agar berjalan normal sampai waktu kelahiran tiba.


Selain itu juga memberi informasi pada calon orangtua untuk membuat keputusan dalam menangani persalinan yang akan datang.


"Selain ANC, fasilitas dan layanan kebidanan dan kandungan (maternity care) yang komprehensif juga diperlukan untuk memonitor kesehatan ibu dan memastikan bayi dalam kandungan tumbuh kembang dengan potensi genetiknya," ujarnya.Jumlah kunjungan dan jenis pemeriksaan disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Menurut dr. Bram, secara gasris besar, jumlah kunjungan selama kehamilan minimal sepuluh kali untuk yang pertama hamil dan tujuh kali yang sudah pernah melahirkan."Jumlah dan jenis pemeriksaan ditentukan dari apakah kehamilan tersebut merupakan kehamilan berisiko tinggi, apakah ibu hamil menderita penyakit yang akan menambah risiko kehamilan, serta gaya hidup dan lingkungan ibu hamil," tambahnya.


(Mia/Abd)


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blog Archive

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Akikaseb - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Proudly powered by Blogger