Home » » David Moyes Dipecat Karena Orang

David Moyes Dipecat Karena Orang

Written By Unknown on Selasa, 22 April 2014 | 06.35


TRIBUNNEWS.COM, MANCHESTER - Kebersamaan David Moyes dengan Manchester United hanya berlangsung selama sepuluh bulan. Man. United resmi memutus kontrak manajer asal Skotlandia tersebut, Selasa (22/4).


Spekulasi pemecatan Moyes berhembus menyusul kekalahan 0-2 dari Everton di Goodison Park akhir pekan lalu. Itu merupakan kekalahan ke-11 Setan Merah di Premier League sejak dilatih Moyes.


Bak jatuh tertimpa tangga, kekalahan dari Everton juga mengubur peluang Man. United untuk tampil di Europa League musim depan. Padahal, Man. United tak pernah absen di kompetisi Eropa dalam 19 tahun terakhir.


Sebagai sosok yang ditunjuk langsung oleh Sir Alex Ferguson, Moyes dinilai gagal mengemban tugasnya sebagai manajer. Namun, beberapa kalangan menilai, prestasi buruk Man. United bukan kesalahan Moyes semata.


Berikut beberapa pihak yang dinilai bertanggung jawab atas pemecatan Moyes, seperti dilansir Daily Mail :

1. Sir Alex Ferguson Setelah berkuasa di Man. United selama 26 tahun, Sir Alex memutuskan mundur dari jabatannya sebagai manajer sekaligus pensiun pada akhir musim lalu. Pria yang kerap disapa Fergie itu langsung berperan dalam penunjukan Moyes sebagai penggantinya.


Sejak awal penunjukan itu, banyak pihak meragukan kapabilitas Moyes. Maklum, dia hanya pernah melatih Everton yang notabene klub medioker selama satu dekade terakhir.


Terbukti, keputusan Sir Alex sedikit keliru. Moyes gagal meneruskan kejayaan Man. United, baik di kancah domestik mau pun Eropa. The Choosen One pun kehilangan respek dari para suporter dan pemain senior.


2. Marouane Fellaini Tampil bersinar bersama Everton musim lalu, Fellaini mengikuti Moyes untuk berlabuh di Old Trafford. Gagal meyakinkan sejumlah pemain bintang, Man. United hanya merekrtu Fellaini di bursa transfer musim panas lalu.


Diboyong dengan banderol tinggi, Fellaini gagal memuktikan kemampuannya. Gelandang jangkung asal Belgia itu justru beberapa kali merugikan timnya.


Belum lagi, Fellaini kerap menjadi sorotan pemain lawan maupun media Inggris karena permainan 'kotornya'. Salah satunya saat melancarkan tekel horor ke arah bek Manchester City, Pablo Zabaleta.


Fellaini juga dianggap salah satu indikator kegagalan Moyes musim ini. Beberapa kali, ia juga terbelit masalah kebugaran dan jarang bermain secara reguler.


3. Ed Woodward Chief Executive Man. United, Ed Woodward dianggap sebagai salah atu biang keladi pemecatan Moyes. Dia gagal meyakinkan pemain bintang incaran Man. United, seperti Cesc Fabregas dan Ander Herrera pada musim panas lalu.


Perbaikan coba dilakukan oleh Woodward. Salah satu caranya dengan mendatangkan Juan Mata dari Chelsea pada Januari lalu. Akan tetapi, kedatangan Mata dianggap terlambat dan tidak mampu mengubah situasi Man. United yang terpuruk musim ini.


4. Rio Ferdinand dan pemain-pemain senior Man. United Melihat performa buruk Man. United, Rio Ferdinand sempat melancarkan kritik pedas kepada Moyes. Bukan hanya Ferdinand, Nemanja Vidic dan Patrice Evra juga dinilai kurang memberi dukungan kepada Moyes.


Bukannya memberi performa maksimal, Ferdinand dan Vidic justru meredup. Keduanya sering lalai dalam menjaga lini belakang tim, dalam beberapa kesempatan penjaga gawang David De Gea mengeskpresikan kekesalannya usai dibobol lawan dengan mudah.


Ferdinand diramalkan bakal hengkang pada akhir musim. Lain halnya dengan Ferdinand, Vidic lebih dulu memutuskan hengkang dari Old Trafford dan bergabung dengan Inter Milan musim depan.


5. David Moyes Tidak ada pihak lain yang patut disalahkan atas pemecatan Moyes selain dirinya sendiri. Selain kemampuan manajerial, Moyes gagal menerapkan taktik jitu bagi Wayne Rooney cs.


Bersama Moyes, Man. United tidak pernah menang melawan klub-klub papan atas Premier League. Paling menyedihkan bagi para suporter adalah saat dicukur Liverpool dan Manchester City.


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blog Archive

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Akikaseb - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Proudly powered by Blogger